Komisi IV DPRD Kota Bekasi, Heri Purnomo Ttidak Ada Pemaksaan Mengikuti Kegiatan Study Tour -->

Komisi IV DPRD Kota Bekasi, Heri Purnomo Ttidak Ada Pemaksaan Mengikuti Kegiatan Study Tour

Senin, 13 Mei 2024, 11:09 AM
Komisi IV DPRD Kota Bekasi, Heri Purnomo Ttidak Ada Pemaksaan  Mengikuti Kegiatan Study Tour


PATROLI BINS, KOTA Bekasi - Anggota Komisi IV DPRD Kota Bekasi, Heri Purnomo, menegaskan bahwa tidak ada pemaksaan bagi siswa untuk mengikuti kegiatan study tour yang diselenggarakan oleh sekolah. Hal ini disampaikan menyusul adanya keberatan dari beberapa orang tua siswa terhadap kebijakan tersebut.


"Kegiatan study tour memang tidak diwajibkan. Jika ada orang tua siswa yang tidak sanggup atau tidak setuju, mereka dapat menyatakan sikapnya tanpa khawatir akan ada sanksi," ujar Heri Purnomo, Senin (13/5/2024).


Menurut Heri, jika terdapat bukti pemaksaan dari pihak sekolah, maka pihak sekolah tersebut akan dipanggil untuk memberikan klarifikasi.


"Kami akan memanggil Dinas Pendidikan untuk memastikan tidak ada pemaksaan dalam rencana kegiatan yang dilakukan oleh sekolah," tambahnya.


Heri juga mengingatkan bahwa sesuai dengan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2023, satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah dihimbau untuk tidak menjadikan kegiatan seperti study tour sebagai kegiatan wajib.


"Dinas Pendidikan diharapkan mengeluarkan surat edaran sebagai turunan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengklarifikasi hal ini," harap Heri.


Di sisi lain, Heri mengakui bahwa banyak siswa dan orang tua yang ingin memiliki kenang-kenangan setelah lulus, dan inisiatif untuk mengadakan kegiatan tersebut seringkali datang dari siswa itu sendiri. 


"Kita tidak bisa menghalangi jika memang ada inisiatif dari siswa dan dukungan dari orang tua untuk mengikuti kegiatan tersebut," pungkasnya.


Dengan demikian, Heri Purnomo menegaskan bahwa keputusan untuk mengikuti kegiatan study tour sepenuhnya berada di tangan siswa dan orang tua, tanpa adanya tekanan dari pihak sekolah.

ADV

TerPopuler