Gencar Berikan PMT Jadi Siasat Andalan Perangi Stunting di Puskesmas Jatimekar, Kota Bekasi. -->

Gencar Berikan PMT Jadi Siasat Andalan Perangi Stunting di Puskesmas Jatimekar, Kota Bekasi.

Selasa, 13 Agustus 2024, 3:39 PM
Gencar Berikan PMT Jadi Siasat Andalan Perangi Stunting di Puskesmas Jatimekar, Kota Bekasi.


PATROLI BINS, KOTA BEKASI - Upaya menekan angka stunting oleh Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat terus di galakan. Salah satunya melalui Dinas Kesehatan Puskesmas Jatimekar, yang aktif menggelar kegiatan pemantauan di tingkat posyandu.


Hal itu diungkap Yetty Ariati, S.SiT, M.K.M., Kepala UPTD Puskesmas Jatimekar, Kota Bekasi, Sekaligus Bidan Muda, Senin 12/8/2024.


Khusus bagi ibu hamil, pemantauan dan pencegahan stunting dilakukan mulai sejak pra nikah, persalinan dan menyusui.


Gencar Berikan PMT Jadi Siasat Andalan Perangi Stunting di Puskesmas Jatimekar, Kota Bekasi.


Yetty mengatakan, yang paling diperhatikan usai proses persalinan salah satunya adalah pemberian ASI eksklusif yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi.


"Kebetulan hari ini ( Senin red) kami mengundang para penerima pemberian makanan tambahan makanan lokal kepada balita di wilayah Jatimekar mulai satu minggu yang lalu dan minggu ini kita evaluasi timbangannya Serta mengadakan kegiatan makan bersama dengan anak-anak sebanyak 30 balita dan ibu hamil 27 orang untuk penerima PMT lokal ini kami berjalan 56 hari ke depan dan untuk menunya kita selang-seling selama 56 hari ke depan.


Gencar Berikan PMT Jadi Siasat Andalan Perangi Stunting di Puskesmas Jatimekar, Kota Bekasi.


Setiap menunya ada nasi ikan, ayam goreng, sayur dan buah-buahan, dari hasil evaluasi hari ini ada beberapa yang sudah mengalami peningkatan berat badan dan juga ada yang belum.


Untuk kendala yang belum ada peningkatan berat badan dikarenakan beberapa hari terakhir sedang mengalami sakit untuk balitanya dan kami berharap untuk para balita di wilayah Jatimekar ini tidak ada lagi kondisi berat badannya yang kurang atau stunting Untuk ibu hamilnya agar kondisinya pada saat melahirkan dengan program ini melahirkan dengan bagus dan anaknya tidak stunting dan ada program makanan ini untuk anak-anak balita tumbuh kembang berat badannya juga bisa meningkat Dan yang tidak masuk dalam target juga termotivasi untuk berat badannya Dan derajat kesehatannya di wilayah Jatimekar ini juga meningkat"


Pemenuhan gizi bagi ibu hamil sendiri, diakui Yetty, kerap terkendala oleh pola pikir serta faktor ekonomi keluarga ibu hamil. Sehingga pihaknya, kerap mengalami kesulitan dalam pendampingan dalam pemenuhan gizi bagi ibu hamil.


Selain itu, minimnya minat dan kesadaran masyarakat untuk datang membawa bayi dan balita ke posyandu juga menjadi kendala dalam upaya menekan angka stunting, di Jatimekar sendiri pada bulan Agustus 2024 ini tercatat sebanyak 8 orang mengalami Stunting atau kekurangan berat badan 


Namun, kata Yetty, banyak kader-kader posyandu yang berinovasi dan berkreasi untuk meningkatkan kesadaran dan minat orang tua untuk datang dan memeriksakan kondisi bayi dan balitanya ke posyandu. 


Sedangkan menurut Lurah Jatimekar, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Aditya Nugraha Mengatakan untuk warga Kelurahan Jatimekar kurang lebih sebanyak 39.000 jiwa 


Sedangkan dari data yang saya himpun untuk angka stunting sebelumnya lebih dari 100 orang dengan adanya program ini di tahun ini angka stunting bisa menurun drastis mencapai hanya 8 orang stunting, dengan adanya program ini sangat mendukung untuk mencegah terjadinya stunting khususnya balita dan ibu hamil. 


Program sosialisasi dari tingkat RT RW hingga Kelurahan terus digenjot untuk kegiatan program di Puskesmas ini dalam mencegah dan meminimalisir terjadinya stunting di Kelurahan Jatimekar.


Bm/Anto

TerPopuler