Kepala Puskesmas Jatikramat dr. Renny : Peran Tim Jejaring PPM-TBC Bisa Berjalan Optimal -->

Kepala Puskesmas Jatikramat dr. Renny : Peran Tim Jejaring PPM-TBC Bisa Berjalan Optimal

Jumat, 30 Agustus 2024, 3:08 PM
Kepala Puskesmas Jatikramat dr. Renny : Peran Tim Jejaring PPM-TBC Bisa Berjalan Optimal



PATROLI BINS, KOTA BEKASI - TBC merupakan singkatan dari Tuberkulosis. Yang dimana penyakit ini termasuk dalam golongan menular. Hal ini menjadi perhatian yang serius Kepala Puskesmas Jatikramat dr.Renny Ariyanti.


Dalam rangka meningkatkan upaya Pengendalian Penyakit Tuberkulosis (TBC) dan untuk mengoptimalkan layanan fasilitas kesehatan, baik pemerintah maupun swasta di Kelurahan jatikramat, pada hari kamis 29/8/2024 dilaksanakan Pertemuan revitalisasi Tim Jejaring Layanan TBC (PPM - TBC). 


Hal ini disampaikan dr.Renny Ariyanti Kepala Puskesmas Jatikramat Kota Bekasi kepada Media Patroli Bins, Jum'at 30/8/2024


Lebih lanjut dr.Renny Ariyanti mengatakan, Pertemuan ini dihadiri langsung oleh Lurah jatikramat, ketua FK-RW Kelurahan, Tim TB DOTS Puskesmas, 2 orang kader TBC yang ditunjuk oleh puskesmas, perwakilan Dari STPI Penabulu, serta perwakilan Klinik teratai dan BPM Jatibening yang berada di wilayah kerja Puskesmas. 


PPM - TBC di Kelurahan Jatikramat belum berjalan optimal selama ini. Perlu diketahui, penyakit TBC ini juga Merupakan salahsatu indikator SPM Bidang kesehatan yang memiliki target 100 persen harus terlayani.


Selain itu, pencegahan  penyakit TBC bukan hanya menjadi tanggungjawab tenaga kesehatan di puskesmas saja, tapi perlu melibatkan lintas sektor terkait dalam upaya pencegahan dan pengendaliannya. 


Selama tahun 2024, sampai bulan Agustus Puskesmas Jatikramat telah melaksanakan : 

1. Tercatat 18 pasien sedang dalam masa pengobatan TBC 

2. ⁠Sebanyak 330 org sebagai orang terduga TBC yg telah dilakukan skrining 

3. ⁠Pemberian Terapi Pencegahan TBC baru  kepada 1 keluarga saja yang bersedia 

4. ⁠Penyuluhan Kesehatan tentang TBC di sekolah dan RT/RW terpilih pada lokasi yang banyak ditemukan kasusnya 

5. Pelaksanaan investigasi kontak Erat serumah baru 12 keluarga saja yang sudah terlaksana 


Saya berharap, setelah pertemuan ini, upaya pencegahan, pengendalian dan pengobatan pasien TBC dengan kontak eratnya tidak lagi menjadi kendala yang menghambat kinerja Puskesmas, sehingga target sasaran setahunnya bisa tercapai dengan sempurna. 


Demikian juga dengan peran tim jejaring PPM-TBC bisa berjalan optimal sesuai perannya masing-masing, pungkas dr.Renny Ariyanti


BM

TerPopuler