Puskesmas Jatikramat Kota Bekasi, Satu satunya Yang Mengadakan PMT berbasis Pangan Lokal -->

Puskesmas Jatikramat Kota Bekasi, Satu satunya Yang Mengadakan PMT berbasis Pangan Lokal

Selasa, 13 Agustus 2024, 4:03 PM
Puskesmas Jatikramat Kota Bekasi, Satu satunya Yang Mengadakan PMT berbasis Pangan Lokal


PATROLI BINS, KOTA BEKASI - Pertumbuhan anak-anak adalah perjalanan yang luar biasa, dan dalam setiap perjalanannya, protein memainkan peran sentral yang tak tergantikan. Protein memiliki manfaat dalam mendukung perkembangan fisik dan kognitif anak-anak. Mulai dari fondasi struktural untuk tulang dan otot hingga peran kritis dalam perkembangan otak, protein menjadi kunci untuk menyediakan dasar yang kokoh bagi pertumbuhan yang optimal.


Berikut adalah beberapa manfaat utama protein untuk anak-anak, yaitu Pertumbuhan dan perkembangan otot, Pertumbuhan tulang yang sehat, Fungsi otak dan kognitif, Sistem kekebalan tubuh yang kuat, Energi dan metabolisme, Sintesis hormon dan enzim, Pemeliharaan jaringan dan organ serta keseimbangan nutrisi yang sehat.


Asupan protein yang memadai dalam pola makan anak-anak sangat penting untuk memastikan bahwa anak memenuhi kebutuhan nutrisinya selama masa pertumbuhan dan perkembangan.


Sumber protein yang baik termasuk daging, ikan, telur, produk susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian.


Dari data (telemed.ihc.id) Pemerintah saat ini sedang giat Mengimplementasikan Pemberian Makanan Tambahan Pangan Lokal untuk Balita Gizi Kurang dan Ibu  Hamil atau yang disingkat KEK (Kurang Energi Kronis) hal ini tertuang pada Peraturan Presiden No. 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.


Melalui program ini diharapkan anak anak Indonesia Khususnya di Kota Bekasi dapat tumbuh sehat dan kuat. 


Perlu diketahui bahwa adanya kasus masalah gizi di wilayah kerja Puskesmas Jatikramat, Kota Bekasi mejadi salah satu alasan dilaksanakannya Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berbasis pangan lokal. Penentuan sasaran dan rencana anggaran kegiatan ini sudah dimulai sejak akhir tahun 2023 di Puskesmas Jatikramat sebagai langkah awal. 



Menurut Kepala Puskesmas Jatikramat, Selasa, 13/8/2024, dr.Renny Ariyanti, sebagai satu-satunya Puskesmas di Kota Bekasi yang mengadakan PMT berbasis pangan Lokal yang diselenggarakan secara Swakelola, Puskesmas menyerahkan pekerjaan ini kepada  Kader Posyandu yang tergabung dalam satu Kelompok Masyarakat (Pokmas). Diberi nama POKMAS Sehati dan telah dikukuhkan secara legal oleh Lurah Jatikramat.

Puskesmas Jatikramat Kota Bekasi, Satu satunya Yang Mengadakan PMT berbasis Pangan Lokal




Untuk mendapatkan hasil optimal, Puskesmas melaksanakan pembinaan, pelatihan serta demo masak PMT Lokal yang sesuai nilai gizinya  pada bulan Juli 2024. Kader yang tergabung dalam Pokmas Sehati ini mengikuti pelatihan tersebut untuk bertanggung jawab penuh dalam Menyiapkan Bahan Makanan, Pengolahan serta Pendistribusian PMT. Yang menjadi sasaran terpilihnya yaitu 32 Balita Gizi Kurang dan 5 orang Ibu Hamil KEK.


Kegiatan ini dimulai pada tanggal 1 agustus 2024, setiap hari selama 56 hari untuk Balita Gizi Kurang dan 120 hari untuk Ibu Hamil KEK. Makanan yang diberikan berupa makanan dalam bentuk kudapan yang bervariasi dalam 6 hari dan 1 hari diberikan menu lengkap gizi seimbang. Sejak awal kegiatan ini dimulai tidak pernah lepas dari pembinaan tim puskesmas jatikramat. 


Disela kesibukannya yang padat,  Ashari selaku Camat Jatiasih, Kota Bekasi telah berkunjung ke dapur pengolahan PMT untuk memberi semangat kepada Kader Pokmas Sehati dalam mengatasi masalah gizi dan memberikan pelayanan Paripurna kepada masyarakat.


Bm/ Iswanto

TerPopuler